Buat SKCK di luar daerah bisa atau tidak ? dan buat NPWP diluar daerah bisa apa tidak.

halo sadayana pada kesempatan kali ini saya kan menceritakan pengalaman saya membuat SKCK di luar daerah.

Pagi itu saya dapat email bahwa saya diterima kerja di salah satu perusahaan swasta daerah Tangerang dan syaratnya saya harus melakukan medical check up dan melengkapi beberapa dokumen diantaranya SKCK, NPWP, dan foto 4x6 2 lembar. tanpa ambil pusing saya langsung berangkat MCU dirumah sakit rekanan perusahaan yang nerima saya kerja.
setelah selesai MCU ternyata hasilnya langsung dikirim ke perusahaan, sedih sekali padahal dari pagi saya sudah puasa rokok, makan dan ngopi.

Setelah pulang dari rumah sakit dan sampe di kontrakan saya langsung gugling cara buat NPWP dan SKCK diluar daerah dan hasilnya ternyata tidak ada. : (

Tanpa pikir panjang berangkatlah saya ke polsek dan kantor pajak terdekat. dan beginilah hasilnya
untuk pembuatan SKCK diluar daerah syaratnya adalah :
1. Surat keterangan domisili dari RT setempat
2. Surat pengantar dari Kelurahan dan ket. domisli dari kelurahan
3. fotocopy KTP, KK, dan Akta lahir

Untuk pembuatan NPWP kita harus daftar online dulu, nanti ikuti arahan yang ada di situs ereg.pajak kemudian minta token yang dikirim ke email dan terakhir kirim permohonan dengan memasukan 9 digit token yang dikirim ke email tadi. prosesnya lumayan lama maksimal 14 hari kerja. Setelah disetujui kartunya akan dikirim kerumah sesuai alamat KTP.

Kembali bercerita soal SKCK.
Sepulang dari kantor pajak saya langsung ke Pak RT deket kontrakan saya minta keterangan domisili, setelah selesai dibuatkan berilah uang seiklasnya sekedar buatbeli rokok.
surat domisili selesai saya langsung cus ke kelurahan dan minta dibuatkan surat pengantar dan surat domisili. Ingat ya ada dua yang di buat di keluaranya 1. Surat pengantar dan 2. Surat domisili darinkelurahan. dan jangan lupa surat domisilinya di fotocopy dulu siapa tau perlu, hehe
Surat pengantar selesai dan biasa kita kasih seikhlasnya buat gantiin tinta print'an hehe. selesai sudah saya langsung berangkat ke polsek.
sampai dipolsek kita daftar, ngisi formulirnya, setelah selesai kasih kepetugasnya kemudian kita di foto dan ambil sample sidik jari. jadilah SKCK saya hehe. mayan lah di copy buat daftar ojek online.
Oh ya hal ini tdak sepenuhnya berlaku disemua polsek dan polres, pas ane bikin kebetulan di polsek kelapa dua sudah mempuni teknologinya. Jadi ane dateng gak perlu bawa foto udah langsung difoto disitu dan ambil sidik jari disitu juga. Selamat mencoba ya guys !!

baiklah guys sekian saya berbagi pengalaman, mohon maaf banyak tulisan dan penggunaan tanda baca yang blepotan, hehe maklumlah masih belajar, semoga membatu ya guys.
terima kasih

Comments

  1. Kemaren aneke polsek sdh bawa surat dari kelurahan tetep ga bisa, disuruh ke polsek sesuai alamat ktp, yg dr kelurahan surat pengantar apaitu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara ini belum tentu berlalu di semua polsek dan polres gan,pas ane kebetulan di polsek kelapa dua sudah ada alat untuk foto dan ambil sidik jarinya.
      Jangan lupa gan dari kwlurahan minta 2 surat yaitu pengantar sama keterangan domisili dari kelurahan.
      Selamat mencoba ya gan !

      Delete
    2. Saya juga sudah bikin surat domisili tapi di tolak juga harus Polsek sesuai ktp

      Delete
  2. Replies
    1. Divoba dulu aja gan, sblm siapin dokumen tanya dulu ke polsek atau polresnya, harusnya sih di polres bisa. Ane aja di polsek kelapa dua tangerang bisa

      Delete
  3. saya barusan ke polsek kelapa dua , surat domisili udh ada , permohonan skck udah ada malah saya disuruh ke capil tigaraksa minta resi/ biodata pdahl itu kan utk yg blum jadi ktp nya.
    sampai di capil malah gk diterima , katanya harus urus surat pindah dari ktp asal.
    kan gilak kalo saya ngurus itu kemedan, mending buat skck disana aja ahhahaa
    tolong agan agan yg pengalaman hahaa kasi info dong, massa sih kata polisinya surat domisili gak berlaku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke polres tangerang selatan yang di bsd. Disitu bisa ngurus skck luar daerah tapi hanya sekedar untuk sidik jari. Jadi, saat sudah sidik jari suruh orang terdekat di ktp domisili buay ngurusin skck. Setelah selesai suruh kirim skck lewat via pos

      Delete
  4. Pengurusan SKCK di polsek dengan surat keterangan domisili dari kelurahan bisa ya ? soalna di polres menolak

    ReplyDelete
  5. Saya bikin surat domisili malah disuruh bikin surat pindah dulu gmn tuh gan solusinya..

    ReplyDelete
  6. Situ kelapa dua tangerang Kan? Saya mau bikin skck bust sodara tpi beda domisili. Beneran bisa kn?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts